Apa itu asuransi jiwa, dan mengapa saya membutuhkannya?
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Bersamamu di setiap peristiwa penting dalam hidup

Punya sifat optimis itu baik - lebih baik daripada bersikap pesimis! Akan tetapi, ada baiknya selalu siap siaga dalam hidup, meskipun kita yakin bahwa semua akan baik-baik saja.


Saat kita mempersiapkan masa depan, memulai asuransi jiwa hanya membutuhkan sedikit usaha. Tetapi, sekali kita sudah memulainya, kita bisa duduk tenang dan menikmati rasa tenang sepanjang hidup.

Jadi, rasanya mungkin lebih baik lagi kalau kita menjadi orang yang realistis. Orang-orang yang bersikap realistis menerima bahwa kadangkala, hidup tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan, oleh karena itu mereka selalu punya rencana cadangan... seperti misalnya asuransi jiwa. Semakin dini kita mulai mengasuransikan jiwa, lebih banyak manfaat yang akan didapatkan dan lebih sedikit yang harus dibayarkan setiap bulannya - situasi yang ideal untuk semua budget.

Ada banyak jenis asuransi jiwa, tapi, untuk saat ini, mari kita lihat jenis-jenis yang bisa melindungi kita dan orang-orang yang kita sayangi hingga tahun-tahun terakhir hidup kita dan bahkan setelah kita tiada nanti.

Utamakan keluarga

Mari kita berkenalan dengan Arif.  Pada usia 25 tahun, Arif, yang saat itu bekerja di sebuah coffee shop, jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Sara yang secara kebetulan mengunjungi coffee shop-nya. Arif menuliskan nomor teleponnya di gelas kopi Sara - singkat cerita, enam tahun kemudian mereka telah menikah dan memiliki seorang bayi perempuan yang dinamai Karina. Meskipun saat ini keduanya masih muda dan sehat, Arif tahu bahwa tidak selamanya mereka akan terus seperti sekarang, maka ia ingin memberikan rasa tenang untuk dirinya sendiri dengan mengetahui bahwa apapun yang terjadi kepadanya, Sara dan Karina tidak akan pernah kekurangan suatu apa.

Maka, Arif mengambil polis asuransi jiwa murni. Dengan membayarkan sedikit uang setiap bulannya, Arif kini tahu bahwa apapun yang terjadi padanya, Sara dan Karina akan menerima "anuitas" atau tunjangan hidup tahunan - selama beberapa tahun. Dan bila semua berjalan baik-baik saja, anuitas ini akan mulai dibayarkan pada ulangtahun Arif yang ke-75, memberikan tambahan "gaji" pensiun. Cukup menyenangkan, kan, sebagai hadiah ulang tahun?

Ingin mendapatan saran tentang kebutuhan masa depan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Hadiah kebebasan

Perkenalkan, Nadia. Nadia membuka restoran miliknya sendiri di usia 30 tahun - hal paling berani yang pernah ia lakukan. Beberapa tahun pertama luar biasa sulit, namun ketekunan dan kerja keras membuahkan hasil. Sepuluh tahun dan enam restoran kemudian, Nadia kini memiliki kehidupan yang nyaman untuk keluarganya. Saat ini, karena anak-anaknya sudah tumbuh dewasa, maka Nadia memutuskan bahwa ia sanggup menambahkan satu hal ekstra untuk memastikan anak-anaknya akan selalu dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dalam hidup.

Inilah alasan Nadia mengambil polis asuransi jiwa investasi. Jenis asuransi jiwa ini mirip dengan polis risiko murni, hanya, perbedaannya, uang yang Nadia setorkan akan dimasukkan ke dalam dana investasi. Meskipun ini artinya tetap ada risiko, uang yang telah disisihkan Nadia adalah uang yang memang ia tujukan untuk hal ini. Apalagi, karena dengan adanya polis investasi ini, jumlah anuitas yang kelak akan diterima memiliki potensi untuk berkembang menjadi jauh lebih besar. Jadi, untuk tujuan apapun anak-anak Nadia akan menggunakan dana tersebut: apakah untuk biaya kuliah, untuk membeli rumah atau mulai berkeluarga, polis investasi dapat memberikan mereka kebebasan lebih banyak.

Membuat masa pensiun jadi lebih menyenangkan

Kenalkan, Helen. Helen baru saja memulai pekerjaan pertamanya sebagai teller di bank. Meskipun ia tidak pernah kuliah, Helen ambisius dan pekerja keras. Tapi Helen juga menyadari bahwa faktor ambisius dan kerja keras hanya akan membantu memberi kesempatan untuk sukses - bukan jaminan 100% bahwa dia sudah pasti akan sukses.

Dengan masa depan yang tidak menentu, Helen tidak ingin hanya tergantung pada dana pensiun dari tabungannya saja. Seharusnya, setelah selesainya masa kerja selama bertahun-tahun, justru pada saat pensiun-lah Helen ingin menikmati hidup lebih banyak lagi. Jadi, Helen memilih untuk memulai dana pensiunnya sendiri. Dengan menyisihkan sedikit uang setiap bulannya, Helen kini dapat mempersiapkan diri untuk menjalani masa pensiun yang menyenangkan, bagaimanapun jalan karirnya kelak. Dan karena Helen mulai sejak dini, maka premi yang dibayarkan pun lebih sedikit dan pemasukan saat pensiun yang didapat lebih besar. Dan mungkin Helen pun bisa menikmati liburan kecil sekali setahun.

Nikmati hidup, mulai sekarang

Saat kita mempersiapkan masa depan, memulai asuransi jiwa hanya membutuhkan sedikit usaha. Tetapi, sekali kita sudah memulainya, kita bisa duduk tenang dan menikmati rasa tenang sepanjang hidup. And that's a pretty good deal!