Ingin berhemat sekaligus belajar untuk ramah lingkungan?
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Ingin berhemat sekaligus belajar untuk ramah lingkungan?

Kamu tak perlu secara total mematikan seluruh listrik di rumah untuk ikut menjaga lingkungan. Inilah 10 cara mudah yang bisa kamu lakukan mulai sekarang untuk menyelamatkan planet bumi dan sekaligus menghemat sedikit uang.


Selalu tutup pintu dan jendela dengan rapat, tambahkan tirai yang cukup tebal bila perlu, agar udara sejuk dari AC rumah tetap terjaga maksimal dan freon AC pun tidak cepat habis.

1. Cuci baju sendiri di rumah

Banyak dari kita memilih untuk menggunakan servis laundry, yang bila dihitung dalam jangka waktu panjang, jauh lebih mahal daripada bila kamu membeli mesin cuci untuk cuci baju sendiri di rumah.

Ingin mendapatkan saran tentang kebutuhan keuangan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

2. Matikan secara total

Bila alat-alat elektronik di rumah hanya dibiarkan standby saat tak digunakan alih-alih dimatikan secara total, tagihan listrik jadi lebih mahal, lho. Ini termasuk charger ponsel - bila kamu sudah selesai men-charge ponselmu, cabut sekalian charger-nya, jangan dibiarkan terus terpasang di steker.

3. Hari Minggu bebas gadget

Setiap hari Minggu, cobalah untuk hindari menyalakan alat-alat elektronik di rumah, agar mata yang lelah dapat beristirahat (sekaligus mengurangi penggunaan listrik). Lebih baik lagi, manfaatkan waktu bebas gadget ini untuk bermain, membaca dan mengobrol dengan anak-anakmu.

4. Rapikan mobil

Keluarkan semua barang yang tak terlalu penting dari mobil, sebab, semakin berat muatan mobilmu, semakin keras mesin mobil harus bekerja (semakin keras kerja mesin = semakin banyak bensin yang terbuang percuma).

5. Beri label reminder

Tempel label sebagai reminder di bawah setiap saklar, agar semua orang (termasuk dirimu sendiri) ingat untuk mematikan alat elektronik atau lampu bila sedang tak digunakan - ini cocok untuk mengajari anak-anak untuk ramah lingkungan!

6. Sekat ruangan dengan baik

Selalu tutup pintu dan jendela dengan rapat, tambahkan tirai yang cukup tebal bila perlu, agar udara sejuk dari AC rumah tetap terjaga maksimal dan freon AC pun tidak cepat habis.

7. Pakai sampai habis dan betulkan yang masih bisa dibetulkan

Potong tube pasta gigi dan krim pelembab wajah agar bisa digunakan sampai tuntas, ambil kursus menjahit, membeli barang second, dan daur ulang barang yang masih bagus sebanyak mungkin. Misalnya, kamu bisa mendaur ulang baju-baju lama menjadi selimut kain. Situs-situs seperti Pinterest punya berbagai tutorial keren yang bisa membantumu untuk mengurangi limbah.

8. Car-free-an yuk!

Kalau kamu masih belum bisa melepas mobilmu sepenuhnya, coba cari tahu apakah ada rekan kerja yang rumahnya dekat dan yang bisa carpool-an alias "nebeng" bareng secara bergantian. Bila kantormu juga dekat dengan rumah, kamupun bisa mencoba untuk ke kantor dengan berjalan kaki selama seminggu. Selain lebih sehat, juga lebih hemat.

9. Ganti ke bahan alami

Coba gunakan bahan-bahan alami yang tidak merusak lingkungan alih-alih menggunakan pembersih yang keras. Soda kue, jeruk lemon dan cuka bisa jadi alternatif pembersih rumah yang alami, lebih murah untuk kantong dan lebih ramah lingkungan.

10. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air yang terlalu panas bukan hanya tidak baik untuk kulitmu, tapi juga tak ideal untuk dompet, karena menggunakan pemanas air terlalu sering dapat membuat tagihan listrik membengkak. Sebaliknya, mandi air dingin membantu otak mengeluarkan zat dopamin yang membuatmu merasa rileks dan santai, sehingga kamupun bisa memulai hari dengan menyenangkan - cukup seimbang kan dengan pengorbanan merasakan dinginnya air!