Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi

Apakah kamu termasuk dalam jutaan orangtua Indonesia yang selalu mengalami dilema: masak apa hari ini? Beberapa tips menyiapkan menu makan mingguan untuk seluruh keluarga yang murah meriah dan bernutrisi, bisa kamu dapatkan disini.


Cobalah untuk memperbanyak menu makan dengan sayur-sayuran yang dapat membantu penghematan pada anggaran belanja. Bonusnya? Selain lebih hemat, dengan mengonsumsi hidangan berbahan dasar sayur kamu dan seluruh anggota keluarga pun mendapat asupan serat lebih banyak, yang membuat pencernaan lancar dan kebutuhan vitamin tercukupi.

Setiap hari, jutaan ibu di Indonesia dihadapkan pada satu masalah yang sama: bagaimana memenuhi asupan gizi seluruh keluarga. Persiapan untuk memasak dalam jumlah besar untuk disantap seluruh keluarga, baik itu untuk makan pagi, siang dan malam, bisa jadi terasa begitu merepotkan, dengan segala kegiatan memasak yang makan waktu - selain itu, anggaran belanja pun bisa dengan cepat membengkak.

Kami punya tips bagaimana menyiapkan masakan sehari-hari untuk seluruh keluarga, yang selain mudah, tak makan banyak waktu, sehat, lezat bergizi dan juga tidak membuat anggaran belanja lantas jadi membengkak!

Ingin mendapatan saran tentang kebutuhan masa depan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Bahan utama dengan harga terjangkau

Pilihlah bahan makanan yang harganya ramah di kantong, namun dapat diolah sedemikian rupa agar rasanya tetap pas di mulut. Misalkan dengan menggunakan bahan pokok yang praktis, seperti nasi yang dapat dipersiapkan malam sebelumnya dengan cukup mudah menggunakan penanak nasi otomatis, dan dapat disantap saat sarapan, makan siang maupun makan malam.

Nasi goreng dengan telur mata sapi bisa jadi pilihan praktis di pagi hari yang cukup bergizi - tambahkan irisan tomat dan ketimun untuk pelengkap. Untuk siang dan malam hari, nasi putih dapat selalu dipadu-padankan dengan lauk apapun.

Contoh lain penggunaan bahan makanan yang harganya bersahabat adalah sajian khas Nusantara, yaitu rendang atau semur daging sapi - gunakan bagian-bagian daging sapi lokal yang lebih murah seperti sandung lamur atau sengkel alih-alih menggunakan bagian lebih mahal seperti sirloin dan has dalam dari sapi impor. Karena proses memasak rendang atau semur yang lebih lama, daging yang awalnya lebih keras pun dapat menjadi empuk dan lumer di mulut. Untuk lebih praktisnya lagi, sekarang kamu juga bisa membuat rendang atau semur dengan slow cooker - tinggal masukkan bahan-bahannya, pasang slow cooker di pagi hari, pada sore hari lauk pun sudah matang dan siap menemani nasi putih hangat.

Memasak dalam satu panci

Supaya lebih praktis dan tidak perlu mencuci terlalu banyak piring dan peralatan masak, kamu bisa mencari resep masakan yang hanya membutuhkan satu panci saja, praktis dan langsung dapat disajikan di atas meja. Contohnya, sop buntut, kari ayam dengan kentang, atau sayur lodeh. Bahan-bahannya mudah didapat, penuh gizi, dan memasaknya pun tidak ribet.

Perbanyak makan sayur

Harga daging memang lebih mahal dan sering naik. Cobalah untuk memperbanyak menu makan dengan sayur-sayuran yang dapat membantu penghematan pada anggaran belanja. Bonusnya? Selain lebih hemat, dengan mengonsumsi hidangan berbahan dasar sayur kamu dan seluruh anggota keluarga pun mendapat asupan serat lebih banyak, yang membuat pencernaan lancar dan kebutuhan vitamin tercukupi. Sayur bayam bening dengan jagung, tumis kangkung telur puyuh dan oseng-oseng buncis-tempe juga merupakan beberapa resep mudah yang hanya menggunakan satu panci atau wajan saja.

Cintai produk lokal

Produk lokal tidak kalah bagus mutu dan kualitasnya dari produk impor, dan lebih segar karena menempuh jarak transportasi yang jauh lebih pendek. Sayur-mayur, tahu, tempe, buah-buahan sesuai musimnya, susu, telur, madu, semua bahan makanan produk lokal ini bisa kamu dapat dengan kualitas baik.

Selalu simpan persediaan makanan

Yang terakhir, selalu simpan stok bahan masakan yang murah meriah dan dapat dengan mudah diolah menjadi hidangan lezat yang praktis - misalnya, mie telur atau kwetiaw kering, ikan sarden dan tuna kalengan, bumbu nasi goreng atau bumbu ikan bakar - sehingga, bila tak sempat berbelanja, kamu sudah punya cadangan menu yang dapat dimasak dengan cepat.

Selamat bereksperimen di dapur!

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat hingga cara untuk dapat tidur lebih nyenyak, semua ada disini!

Lupakan minuman manis penuh gula! 9 trik agar anak banyak minum air putih

Cara mudah lebih sehat dengan nutrisi super setiap hari