Memilih ukuran mobil: kecil atau besar?
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Memilih ukuran mobil: kecil atau besar?

Tips memilih ukuran mobil yang paling pas untuk kebutuhan.


penting sekali untuk diketahui, bahwa rating keamanan sebuah mobil diukur berdasarkan perbandingan dengan mobil-mobil lain yang berukuran kurang lebih sama. Jadi, bila dua model mobil mempunyai rating yang sama, bukan berarti tingkat keamanan keduanya identik saat berada di jalan.

Bagi para pengemudi, ukuran mobil adalah salah satu hal yang bikin galau saat membeli mobil baru - apakah mobil berukuran besar lebih aman daripada mobil berukuran kecil, meskipun keduanya sama-sama mendapat skor tinggi dalam perihal keamanan? Di artikel ini, kami akan membahas kenyataan di balik debat "kecil vs besar" untuk membantu memilih kendaraan yang terbaik untukmu.

Ingin mendapatkan saran tentang kebutuhan keuangan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Pertama-tama, penting sekali untuk diketahui, bahwa rating keamanan sebuah mobil diukur berdasarkan perbandingan dengan mobil-mobil lain yang berukuran kurang lebih sama. Jadi, bila dua model mobil mempunyai rating yang sama, bukan berarti tingkat keamanan keduanya identik saat berada di jalan.

Secara statistik, mobil berukuran besar lebih aman dibandingkan mobil berukuran kecil, karena ukuran mobil yang besar fisiknya biasanya lebih berat dan tentunya lebih dominan di jalan raya, dengan kap mobil yang juga lebih besar - sehingga, mobil ukuran besar memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi bila tabrakan terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa mobil yang ukurannya besar, misanya Kijang atau van memberikan perlindungan lebih tangguh saat kecelakaan terjadi, sedangkan mobil berukuran mini lima kali lebih rentan hancur saat tabrakan.

Akan tetapi, ukuran bukan segalanya - jangan lantas menganggap semua mobil besar pasti aman. Model mobil yang lebih baru dilengkapi sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan mobil-mobil tua - jadi, sebuah mobil tua yang berukuran besar malah umumnya tidak seaman mobil keluaran terbaru yang berukuran lebih kecil.

Faktor terpenting soal keamanan berkendara adalah cara dan kemampuan pengemudi sendiri - mengendarai mobil berukuran besar bisa membuat pengemudinya kelewat PD, dan lantas menyetir dengan cara serampangan. Nah, yang mengejutkan, ternyata warna mobil juga bisa berpengaruh, lho! Riset membuktikan bahwa kendaraan berwarna hitam 47 persen lebih rentan untuk mengalami kecelakaan, mungkin karena sulit terlihat di malam hari - pertimbangan ini juga bisa dijadikan patokan bila kamu ingin memilih warna mobil.

Yang terakhir, pilihan antara mobil ukuran besar atau kecil tergantung oleh kebutuhanmu sendiri. Bila kamu sudah berkeluarga dan butuh cukup tempat untuk anak-anak atau sering bepergian keluar kota, mungkin mobil ukuran besar bisa jadi pilihan - sedangkan, mobil ukuran kecil lebih praktis bila kamu masih single atau untuk pasangan menikah yang belum punya anak, yang kebutuhan menggunakan mobilnya hanya untuk fungsi berkomuter dalam kota, dari rumah ke kantor misalnya.