Pangkas biaya listrik dan hemat hingga 15% dengan teknologi pintar yang ramah lingkungan
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Pangkas biaya listrik dan hemat hingga 15% dengan teknologi pintar yang ramah lingkungan

Udara yang panas kerap kali membuat pemakaian listrik jadi bertambah. Untuk menyiasatinya, gunakan teknologi pintar untuk memangkas penggunaan listrik, menghemat uang dan tetap nyaman di rumah saat udara sedang panas-panasnya.


Jangan lupa untuk selalu matikan lampu bila keluar ruangan dan AC bila sedang tidak diperlukan

Lebih dari setengah pemakaian listrik di kota-kota besar adalah untuk AC / air-conditioner. Untuk mengoptimalkan penggunaan AC sekaligus menghemat biaya listrik, sekarang ada aplikasi untuk mengatur pemakaian AC yang dijalankan lewat perangkat Android. Aplikasi ini bisa membantumu untuk mengatur AC baik secara langsung dari rumah ataupun dari jauh, sehingga kamu tak perlu kuatir kalau lupa mematikan AC sebelum keluar rumah - AC tetap bisa dimatikan dari jauh dan listrik rumahmu pun tak terbuang percuma.

Ingin mendapatkan saran tentang kebutuhan keuangan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Penerangan, yang memakan kira-kira 15% dari tagihan listrik, adalah salah satu pos yang mudah dikurangi pemakaiannya. Pertimbangkan untuk menukar bohlam yang sekarang dengan bohlam LED. Memang sih, bohlam LED harganya mahal, tapi, untuk pemakaian jangka panjang, bohlam LED jauh lebih menguntungkan karena menghabiskan 75% lebih sedikit energi listrik dibandingkan bohlam biasa, dan daya tahannya juga jauh lebih lama.

Banyak gadget seperti komputer, tablet, TV dan printer tetap memakan listrik meskipun sedang tak digunakan. Untuk menyiasatinya, gunakan smart power strip, yaitu perangkat steker listrik yang dapat mendeteksi bila gadget listrik sedang tak digunakan dan menghentikan penggunaan

listrik secara total. Trik ini bisa mengurangi hingga 5-10% dari total tagihan listrikmu. Power strip bisa dibeli di toko elektronik di berbagai mal besar di Indonesia.

Selain itu, untuk menghemat listrik, sekarang ini ada teknologi canggih yang namanya "Home Control System" - teknologi ini memungkinkanmu untuk menghubungkan, mengontrol dan mengatur penggunaan seluruh alat listrik di rumah lewat satu aplikasi di ponsel. App ini bisa secara otomatis menyalakan lampu saat kamu bangun, menaikkan suhu di AC saat ruangan terlalu dingin, bahkan menyalakan TV saat kamu pulang kantor. Meskipun teknologi ini belum tersedia di Indonesia, kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa baca di tautan berikut: Samsung SmartThings  dan  Control4. "Home Control System" ini sudah mulai banyak digunakan di Singapura dan Jepang, dengan harga yang lama kelamaan makin terjangkau. Kita tunggu saja kedatangannya di Indonesia!

Intinya, merubah beberapa kebiasaan kecil bisa membawa perbedaan besar. Jangan lupa untuk selalu matikan lampu bila keluar ruangan dan AC bila sedang tidak diperlukan, dan kamu akan lihat sendiri hasilnya di masa mendatang!