Tips jitu untuk para milenial yang berencana pensiun dini
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Tips jitu untuk para milenial yang berencana pensiun dini

Pasti banyak dari kita yang bermimpi ingin pensiun dini saat sedang hectic menjalani rutinitas sehari-hari yang kadang membuat kepala pening. Riset HSBC menunjukkan bahwa banyak milenial yang punya cita-cita pensiun muda di usia 58 tahun. Pensiun awal membutuhkan perencanaan yang matang, simpanan tabungan yang banyak, serta penghematan besar-besaran saat membelanjakan uang. Inilah beberapa cara jenius untuk menyisihkan uang dan memulai perjalananmu menuju cita-cita pensiun dini.


Pensiun awal membutuhkan perencanaan yang matang, simpanan tabungan yang banyak, serta penghematan besar-besaran.

Pensiun itu sebenarnya matematika sederhana. Lebih banyak tabungan kita, lebih cepat kita dapat pensiun. Secara umum, kita akan membutuhkan penghasilan di saat pensiun yang besarnya kira-kira dua-pertiga dari gaji terakhir yang didapat. Rencanakan kapan kita ingin pensiun dan apa yang ingin kita lakukan saat pensiun nanti, lalu gunakan ini sebagai dasar perkiraan perhitungan berapa jumlah dana yang harus kita siapkan. Ingatlah untuk memperhitungkan beberapa periode pensiun yang berbeda, karena rasanya kita pasti akan lebih aktif di tahun-tahun pertama setelah pensiun.

Ingin mendapatkan saran tentang kebutuhan keuangan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Setelah kita tahu berapa banyak jumlah tabungan yang kita butuhkan, kita pun bisa mulai memutuskan bagaimana mencapai target ini. Buatlah file Excel yang mencatatkan pemasukan dan pengeluaran, bedakan kebutuhan dan keinginan, pertanyakan setiap pembelanjaan uang dan tentukan budget bulanan. Coba buat penghematan terasa lebih menyenangkan lewat cara kreatif untuk mengakali pengeluaran. Misalnya, kita bisa mengganti membership di gym dengan DVD olahraga di rumah. Di supermarket, cobalah untuk menukar bahan makanan yang lebih mahal, seperti contohnya daging dan produk bermerk dengan alternatif yang lebih murah - selain menghemat uang, kita bisa sekaligus belajar memasak makanan baru! 

Pekerjaan sampingan dan pendapatan pasif juga bagus untuk menambah tabungan di bank. Coba pertimbangkan untuk cari lowongan freelance ataupun mengubah hobi menjadi pekerjaan sampingan, misalnya berjualan makanan, pakaian atau aksesoris di Instagram, membuat garage sale, ataupun menjadi agen jasa seperti misalnya agen asuransi - carilah pekerjaan sampingan yang relatif mudah dilakukan dan tidak bertabrakan dengan pekerjaan utama.

Menjadi agen asuransi Generali bisa jadi salah satu alternatif bagus - baik sebagai penghasilan tambahan ataupun sebagai pekerjaan utama. Selain waktu kerja yang fleksibel, kita pun bisa bekerja dari mana saja melalui website iConnect. Dengan bantuan teknologi iConnect, semua agen Generali selalu terhubung 24 jam dengan klien dan proses seperti pendaftaran polis, mengatur pembayaran, mengurus klaim dan membangun network agen-agen kita sendiri, jadi jauh lebih mudah. Modalnya? Cukup dengan perangkat komputer / laptop atau tablet / smartphone dan koneksi internet saja!

Risiko besar menghasilkan hasil yang juga besar, jadi inilah waktu untuk mengenyahkan rasa takut dan tak percaya diri, ubah ide bagus menjadi bisnis. Ada seorang entrepreneur di Amerika yang patut dicontoh, ia membuat startup website yang menjual kentang dengan tulisan ucapan di atas kulitnya sebagai alternatif dari kartu ucapan biasa!

Penting untuk selalu memberi motivasi bagi diri sendiri, maka, coba tuliskan daftar cita-cita petualangan dan menabunglah untuk mencapainya satu-persatu. Kita akan merasa mendapat hasil besar dan kepuasan saat kita berhasil mencapai satu-persatu cita-cita dalam daftar ini.