Packing praktis untuk mudik Lebaran
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Packing praktis untuk mudik Lebaran

Pulang ke kampung halaman saat Lebaran merupakan tradisi banyak sekali keluarga Indonesia. Supaya acara mudik Lebaran tetap lancar dan bebas keribetan, ikuti tips packing praktis berikut ini!


Pulang ke kampung halaman saat Lebaran merupakan tradisi banyak sekali keluarga Indonesia. Supaya acara mudik Lebaran tetap lancar dan bebas keribetan, ikuti tips packing praktis berikut ini!

Tentukan jadwal

Buat jadwal dan ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut serta. Tulis jadwal dengan tulisan besar-besar di atas kertas, tempel di pintu kulkas atau tempat lain yang menarik perhatian seluruh keluarga. Ajak anak untuk ikut dalam kegiatan bebersih ini dan jangan lupa beri hadiah bila mengerjakan tugas dengan baik.

Biarkan kami membantu Anda membuat perencanaan masa depan yang tepat.

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Masukkan barang-barang yang penting terlebih dulu

Ketinggalan sikat gigi? Ya bukan masalah besar, toh tinggal beli di minimarket, di bandara juga ada. Ketinggalan KTP, SIM, paspor, ATM atau bahkan dompet? Ini baru bikin pusing kepala!

Maka, yang pertama-tama harus kamu siapkan saat packing adalah barang-barang yang terpenting. Misalnya, selain yang sudah disebutkan tadi, seperti KTP, SIM, paspor, ATM, dompet, juga kartu asuransi dan kartu kredit cadangan, sekaligus juga fotokopi dari semua dokumen penting tersebut. Jangan masukkan ke koper, sebaiknya, dokumen penting kamu simpan di tas tangan atau ransel yang selalu kamu bawa kemana-mana.

Jurus hemat tempat di koper

Bawa peralatan mandi seperti shampoo, sabun cair atau pasta gigi dalam travel size yang biasanya lebih kecil dari ukuran biasa.

Gulung baju dan masukkan ke dalam kantong plastik, lalu sedot keluar udara dalam plastik tersebut menggunakan penyedot debu di rumah, agar baju tak makan banyak tempat di dalam kopermu.

Saat mudik, biasanya tempat yang dituju adalah rumah sendiri atau rumah milik kakek-nenek dan keluarga. Jadi, tak perlu membawa terlalu banyak baju dan asesoris, toh, kamu juga bisa mencuci baju di rumah nanti, kan? Bawa pakaian seperlunya saja, dan cobalah untuk selektif: tak perlu membawa pakaian dan asesoris yang belum tentu akan dipakai, pilih warna pakaian yang netral dan mudah dipadu-padankan, dan bawa saja satu pasang sepatu tambahan selain yang kamu pakai di perjalanan.

Backpacking, kenapa tidak?

Kalau kamu bepergian dengan maskapai yang menawarkan harga lebih murah, biasanya kamu tidak diberi jatah bagasi. Kenapa nggak sekalian backpacking saja? Cobalah untuk mengatur tas ransel dengan maksimal, supaya kamu tak perlu bawa-bawa koper untuk masuk ke bagasi - selain tak perlu keluar ongkos tambahan untuk membeli bagasi ekstra, kamupun dapat keluar lebih cepat saat pesawat mendarat di tujuan, tanpa harus menunggu keluarnya bagasi lagi.

Selamat mencoba!

Jangan pernah lupakan hal-hal penting saat liburan dan temukan bagaimana menyiasati biaya berlibur agar optimal dengan tips-tips pintar kami untuk segala macam perjalanan:

Tips libarun lancar akhir tahun

Pangkas biaya Panduan aman berkendara dengan anak-anak