Liburan sekeluarga yang penuh kesan dan ramah bagi anggaran
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Liburan sekeluarga yang penuh kesan dan ramah bagi anggaran

Tak terasa ya, musim liburan hampir tiba lagi. Bila kamu berencana liburan bersama seluruh keluarga, pengaturan budget minimal untuk nikmati liburan yang optimal tentulah teramat penting. Simak tips opsi liburan sekeluarga yang ramah budget dan penuh kesan!


Untuk pilihan tujuan liburan dengan harga relatif lebih murah dan pengalaman yang tak kalah unik, coba tengok juga destinasi yang belum terlalu banyak dikunjungi orang

Liburan adalah salah satu hal yang sering terlupakan, padahal berlibur itu penting bagi kesehatan mental, lho! Liburan pun dapat mengembalikan semangat dan vitalitas, mengatasi kejenuhan rutinitas sehari-hari baik bagi anak-anak di sekolah dan orangtua bekerja.

Pergi berlibur sekeluarga, apalagi saat musim liburan sekolah, bisa jadi sangat mahal, saat perhitungan biaya transportasi, akomodasi dan ongkos masuk obyek wisata atau kegiatan lain dimasukkan ke dalam rencana pengeluaran.

Bagaimana meminimalisir pengeluaran saat liburan tapi sekaligus tetap mendapatkan pengalaman yang unik, menyenangkan dan penuh kesan? Ikuti beberapa tips berikut.

Ingin mendapatan saran tentang kebutuhan masa depan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Sewa "rumah berjalan"

"Rumah berjalan" alias kendaraan untuk bepergian, yang juga biasa disebut "Campervan" atau "Motorhome" adalah solusi praktis untuk berwisata sekeluarga lewat jalur transportasi darat. Selain menghemat biaya hotel dan biaya makan di luar, anak-anakpun bisa membawa mainan mereka agar tidak cepat bosan di perjalanan. Contoh rute yang bisa ditempuh dengan jalan yang relatif bagus dan banyak tempat istirahat adalah dari Jakarta ke Bali lewat Jogjakarta, Malang dan Surabaya, atau, bila lebih suka wisata alam, Jakarta ke Palembang melalui Ujung Kulon dan Krakatau bisa jadi alternatif pilihan.

Selain jalan darat, "rumah berjalan" di jalur laut juga sekarang sedang trend. Meskipun kapal pesiar identik dengan ukuran besar dan bandrol harga mahal, sekarang ini ada kapal pesiar kecil yang bisa disewa untuk liburan keluarga dan harganya pun cukup bersahabat. Sama seperti fungsi karavan yang merupakan "rumah berjalan" di darat, kapal pesiar juga memungkinkan kamu dan keluarga untuk bepergian lewat jalur laut sekaligus bersantai.

Contoh rute kapal pesiar yang sedang marak adalah berkeliling daerah Labuan Bajo di Flores, mengunjungi Pulau Komodo dan Rinca, yang selain mendekatkan kita dengan alam, juga merupakan kesempatan menyaksikan satu-satunya reptil purbakala yang hanya ada di daerah sana.

Pilih tujuan liburan anti mainstream

Untuk pilihan tujuan liburan dengan harga relatif lebih murah dan pengalaman yang tak kalah unik, coba tengok juga destinasi yang belum terlalu banyak dikunjungi orang, seperti misalnya Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, Danau Kaolin dan pantai di Bangka-Belitung yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi, atau Danau Kelimutu dengan tiga warnanya yang unik di NTT sana, atau jalan-jalan ke Medan, Semarang atau Malang, yang terkenal dengan wisata kulinernya yang luar biasa menarik.

Kemping, yuk!

Kemping adalah solusi praktis liburan - bawa lengkap peralatan memasak, tenda anti air dan kasur angin atau kantung tidur, lampu senter, baju hangat dan bahan makanan yang cukup. Bila kamu tak terlalu ingin ribet, glamping alias "glamour camping" bisa jadi pilihan - beberapa tempat yang dekat dengan ibukota Jakarta, seperti Puncak, Gunung Putri, Lembang-Cikole Bandung menawarkan pengalaman glamping yang praktis dan punya fasilitas lengkap untuk menghibur seluruh anggota keluarga.

Jangan pernah lupakan hal-hal penting saat liburan dan temukan bagaimana menyiasati biaya berlibur agar optimal dengan tips-tips pintar kami untuk segala macam perjalanan:

Tips liburan lancar akhir tahun