Superfood edisi Ramadhan: puasa lancar dengan nutrisi super!
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Superfood edisi Ramadhan: puasa lancar dengan nutrisi super!

Ramadhan kembali tiba! Di bulan suci ini, umat Islam se-Indonesia kembali akan menjalankan ibadah puasa. Nah, saat berpuasa tapi aktivitas tetap berjalan seperti biasa, asupan gizi yang tepat untuk menahan lapar dan haus seharian sangatlah dibutuhkan.

Supaya puasa selalu lancar, kesehatan selalu prima dan semangat tetap maksimal, ini beberapa makanan bernutrisi super yang baik dikonsumsi untuk menemani aktivitas berpuasa!


“Superfood” adalah sebutan bagi makanan-makanan dengan nutrisi lengkap dan terbukti memiliki manfaat kebaikan untuk menunjang kesehatan. Menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan kardiovaskuler, serta membuat energi selalu maksimal.

Saat puasa, apa saja superfood yang mudah dikonsumsi, praktis dan bisa menunjang stamina setiap harinya?

Apa itu superfood?

Kita sering mendengar istilah “superfood”. Sebenarnya, apa sih “superfood” ini, dan bagaimana mendapatkannya?

“Superfood” adalah sebutan bagi makanan-makanan dengan nutrisi lengkap dan terbukti memiliki manfaat kebaikan untuk menunjang kesehatan. Menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan kardiovaskuler, serta membuat energi selalu maksimal.

Saat puasa, apa saja superfood yang mudah dikonsumsi, praktis dan bisa menunjang stamina setiap harinya?

Anda butuh bantuan dari para ahli untuk merencanakan masa depan yang cerah?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Kurma

Berbukalah dengan yang manis, demikian anjuran yang sering kita dengar. Nasihat ini ada benarnya, karena setelah menahan dahaga dan tidak mendapat asupan apapun selama kurang lebih 14 jam, dari waktu imsak jam 4 dinihari hingga bedug magrib berbunyi, tubuh kita membutuhkan karbohidrat - nah, makanan yang manis mengandung karbohidrat yang cukup untuk “mengisi” tangki bahan bakar tubuh kembali.

Kurma yang rasanya manis adalah salah satu contoh makanan manis yang mengandung gula alamiah, sekaligus mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Kurma juga tinggi serat yang membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama, dan kandungan potasiumnya mendukung kesehatan jantung, membantu membangun otot dan protein di dalam badan.

Selain untuk berbuka, kurma juga bisa kamu makan saat sahur.

Sahur dengan makanan yang tepat

Saat sahur, alih-alih makan makanan “berat”, kamu bisa mengonsumsi smoothie superfood dan secangkir teh hijau. Buah apel, brokoli dan bit merah adalah tiga contoh dari berbagai buah dan sayuran yang punya status sebagai superfood - bahkan, satu cup brokoli itu mengandung lebih dari 100% asupan vitamin C harian yang dianjurkan lho!

Sedangkan, teh hijau, yang konon digunakan di pengobatan ala Cina di zaman dulu, juga merupakan salah satu superfood dengan berbagai manfaat kesehatan. Untuk memulai sahur, coba seduh secangkir teh hijau untuk menikmati manfaat peningkatan metabolisme dan tambahan antioksidan pencegah kuat dari kanker. Lalu, kalau mau tambahan boost lebih banyak lagi, coba minum matcha green tea, yang mengandung 137 kali lebih banyak antioksidan dibanding teh hijau biasa!

Makan ala Mediterania setelah berbuka

Setelah berbuka, menu makanan ala Mediterania bisa kamu coba untuk alternatif makan malam yang lebih sehat. Dianggap sebagai salah satu metode diet paling menyehatkan di dunia, menu makanan ala Mediterania menganjurkan konsumsi berbagai superfood.

Kamu bisa memasukkan elemen diet Mediterania yang sehat ke dalam makan malammu, dengan mengonsumsi ikan yang mengandung minyak sehat setiap harinya, misalkan ikan tongkol dan sarden, yang kaya vitamin D dan asam lemak Omega-3. Selain itu, tambahkan juga bawang putih ke dalam setiap masakan, selain untuk penambah rasa lebih lezat, juga untuk tambahan vitamin C.

Cemilan sehat sebelum tidur

Bila kamu suka ngemil, sebelum tidur biasanya saat yang pas untuk sedikit menambah asupan makanan bergizi saat berpuasa Ramadhan. Nah, untuk kamu yang suka makan coklat, kami punya berita baik: kakao, bahan utama coklat, ternyata memiliki manfaat antioksidan dan elemen kandungan nutrisi mood-booster. Tapi, ada tapinya nih, sebelum kamu langsung melahap segala macam kue coklat, ingat dulu bahwa status superfood ini cuma berlaku untuk coklat hitam, ya! Habis makan malam, boleh dong kamu makan beberapa potong kecil coklat supaya sugar craving sedikit terobati dan manfaat superfood tetap kamu dapat. Siapa bilang makanan sehat rasanya selalu nggak enak?

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini