Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua

Meski semua orang pasti menua suatu saat nanti, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bertambah umur dengan lebih baik... dan prosesnya tetap terasa fun. Ada istilah bahasa Inggris yang namanya "aging gracefully" - secara harafiah, bisa diartikan, bertambah umur tapi dengan cara yang apik - artinya, tetap sehat dan eksis saat umur kian bertambah. Inilah beberapa hal utama yang harus kamu pikirkan bila kamu ingin bertambah umur dengan lebih baik dan selalu awet muda!


Kurangi lemak jenuh sesedikit mungkin, sebab ini dapat meningkatkan kolesterolmu.

Makan sehat untuk hidup sehat

Pola makan yang kaya zat besi, antioksidan dan lemak baik sudah terbukti dapat mencegah penyakit-penyakit seperti gangguan jantung dan juga dapat memperlambat penuaan. Ini artinya, selain banyak makan buah dan sayuran, juga perbanyak konsumsi minyak ikan (dan ikan yang mengandung minyak baik), teh, kacang-kacangan, biji-bijian, yogurt dan berbagai macam kacang panjang.

Kurangi lemak jenuh (yang terkandung di dalam daging merah dan daging olahan) sesedikit mungkin, sebab ini dapat meningkatkan kolesterolmu. Dan kalau kamu masih belum bisa say goodbye ke makanan manis mengandung gula, kurangi saja sebanyak yang kamu sanggup. Contoh mudah (dan favorit), adalah mengganti coklat susu dengan coklat hitam, dan sarapan bubur oatmeal dengan buah dan biji-bijian untuk meningkatkan asupan serat, ketimbang makan sereal yang tinggi kandungan gula. 

Ingin mendapatan saran tentang kebutuhan masa depan Anda?

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Jaga kondisi agar tetap fit

Banyak sekali manfaat olahraga secara teratur, sampai tak mungkin di-list semuanya sekaligus! Ketika kita sampai pada soal "aging gracefully", tetap jaga kondisi selalu fit sangatlah penting - riset bahkan menunjukkan bahwa olahraga bisa menjaga sel-sel tubuh tetap lebih muda.
Mungkin kamu bisa mulai dengan jalan pagi tiga kali seminggu, paling tidak 20 menit setiap kalinya, untuk menjaga tubuh (dan pikiran) tetap segar. Kalau ingin kegiatan yang lebih menarik lagi, cobalah untuk berenang, berdansa dan masuk team atau join klub zumba, yang menawarkan kelas-kelas aerobik super efektif untuk membuat jantung lebih sehat. 

Latih otakmu 

Kamu bisa tetap menjaga otakmu agar selalu aktif dengan melakukan hobi baru - bahkan tak perlu di usia muda, hobi baru bisa kamu mulai di usia paruh baya ataupun usia tua, lho! Faktanya, para ahli menemukan bahwa memiliki hobi adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko pikun. Apakah itu belajar bahasa baru, les memasak, ikut kelas menggambar, ataupun mulai belajar piano, temukan aktivitas yang kamu suka, cocok untukmu dan teruslah bertahan di aktivitas ini sebagai hobi. Berkomitmen secara teratur akan membentuk jaringan saraf kuat di otak yang kelak dapat membantu mempertahankan  kesigapan pikiran di tahun-tahun mendatang.

Lindungi kulitmu

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, untuk mencegah kulit keriput akibat sinar UV, dan kemungkinan yang lebih parah lagi: terkena kanker kulit. Bila kamu rutin memakai makeup, hapus dan bersihkan secara menyeluruh setiap  hari sebelum tidur, dan sering-sering pijat lembut kulitmu dengan minyak supaya tetap kenyal dan kencang - minyak kelapa dan minyak jojoba adalah dua jenis minyak yang baik untuk kulit dan membuat kamu merasa segar dan rileks setelahnya.

Penting: Jaga dirimu dengan baik 

Kurang tidur dan stres berkepanjangan membuat tubuh lelah. Pastikan kamar tidurmu adalah tempat yang adem, nyaman dan tenang, juga biasakan atur waktu tidur dengan baik. Kamu juga bisa mencoba mengikuti kelas meditasi untuk mengurangi atau bahkan menghentikan rasa stres dan panik yang kerap kali melanda. Selain itu, selalu sediakan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang membuatmu senang dan rileks. Bila kamu selalu menjalankan rutinitas well-being dan menyenangkan diri sendiri, maka tubuh dan pikiranmu akan berterimakasih kepadamu kelak!