Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran
badge image
Dirating oleh: nasabah

4.7

Halo! Reiny Ardeiny, S.E. siap membantu Anda

x Tutup

Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

Saat Lebaran, waktu mudik ke kampung halaman yang ditunggu-tunggu pun tiba. Bila kamu termasuk dalam sekian juta para pemudik Lebaran yang memilih jalan darat, tak perlu kuatir, kami punya tips agar anak-anak tidak rewel dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.


Bernyanyi, bermain kartu atau permainan sederhana seperti menghitung jumlah mobil berwarna merah atau biru, dapat menjadi alternatif agar anak tidak bosan selama perjalanan. Selain itu, berhentilah setiap beberapa jam agar anak dapat meluruskan kaki sejenak atau pergi ke toilet, dan siapkan persediaan camilan sehat yang disukai anak.
Selamat mudik Lebaran!

Tentukan jadwal

Buat jadwal dan ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut serta. Tulis jadwal dengan tulisan besar-besar di atas kertas, tempel di pintu kulkas atau tempat lain yang menarik perhatian seluruh keluarga. Ajak anak untuk ikut dalam kegiatan bebersih ini dan jangan lupa beri hadiah bila mengerjakan tugas dengan baik.

Anda ingin punya masa depan yang cerah? Biarkan kami membantu Anda!

Terimakasih Anda telah berminat!

Saya akan mengontak Anda.

Hewan peliharaan di dunia maya

Anak suka binatang? Beri mereka hewan peliharaan di dunia maya yang dapat mengajari anak-anak untuk bertanggungjawab memelihara hewan, mulai dari memberi makan, melatih dan bermain dengan peliharaan mereka di dunia maya, lewat tablet atau ponsel.

Gabungkan kegiatan online dan offline

SquiggleFish adalah contoh aplikasi yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata. Anak dapat menggambar seekor ikan dan mewarnainya di buku gambar sungguhan, lalu, gambar ikan difoto dan dimasukkan ke dalam aplikasi virtual ini - ikan tersebut akan hidup dan berenang di aquarium dalam aplikasi.

Untuk anak yang berusia enam tahun atau lebih, Nintendo Labo juga dapat membuat mereka betah duduk manis di mobil selama perjalanan pulang kampung - menciptakan robot atau piano dari karton yang lalu menjadi "alat" untuk bermain dengan menggunakan Nintendo Switch, akan membuat perjalanan berjam-jam terasa singkat.

Belajar sekaligus bermain

Banyak sekali aplikasi yang membantu anak belajar sekaligus bermain. Mulai dari belajar bahasa Inggris hingga belajar berhitung, siapkan tablet atau ponsel, unduh beberapa aplikasi yang menarik untuk anak sebelum perjalanan dimulai.

Hiburan klasik

Yang terakhir, jangan lupakan hiburan klasik - batasi waktu anak di depan layar secukupnya, dan ajak mereka untuk melakukan kegiatan klasik seperti yang dulu kita lakukan di masa kecil sebelum ada internet, tablet atau ponsel pintar. Bernyanyi, bermain kartu atau permainan sederhana seperti menghitung jumlah mobil berwarna merah atau biru, dapat menjadi alternatif agar anak tidak bosan selama perjalanan. Selain itu, berhentilah setiap beberapa jam agar anak dapat meluruskan kaki sejenak atau pergi ke toilet, dan siapkan persediaan camilan sehat yang disukai anak, misalnya buah apel, keripik pisang, ataupun kue-kue buatan sendiri.

Selamat mudik Lebaran!

Bagaimana caranya untuk selalu aman berkendara, baik itu untuk yang baru belajar menyetir ataupun untuk pengemudi yang sudah berpengalaman? Simak saran-saran kami agar kamu selalu aman:

Panduan aman berkendara dengan anak-anak

Aman dan nyaman berkendara saat musim hujan melanda